PESAN WASIAT YANG BELUM TERLAKSANA - 2

Posted by Firman-Mu Pelita Bagi Kakiku dan Terang Bagi Jalanku on Thursday, June 30, 2016


(Seri: Mesin Pembuat Dosa)



Pesan Wasiat yang blm Terlaksana - 1 adalah :  SALING MENGASIHI.

Pesan Wasiat yang blm Terlaksana - 2 adalah :  MINTA ROH KUDUS.

Masih ingatkah dengan perkataan Yesus/Isa tentang kita disuruh berdoa tak jemu-jemu hingga ALLAH SWT mengabulkan ? Tahu apa yang dimaksud untuk diminta kepada ALLAH ?
Itu adalah Rohulkudus !

Lukas 11:9-13 (TB)   
Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?

Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan  'Roh Kudus'  kepada mereka yang meminta kepada-Nya."


BAPA yang dimaksud di sini adalah sebagai personifikasi dari ALLAH SWT. Begitu baiknya hubungan antara umat-NYA dengan ALLAH hingga sangat akrab layaknya hubungan Bapak dengan Anaknya.
Yesus/Isa mencoba mengembalikan kerukunan & keakraban hubungan Ilahi dengan ciptaan-NYA sama seperti pada zaman Adam-Hawa hingga zaman Nuh.

Rohulkudus/Roh Kudus di sini adalah Representasi kehadiran dirinya Yesus/Isa di muka Bumi. Yaitu berupa ROH.

Kembali kepada perkataan Yesus/Isa tadi.
Penting manakah berdoa mohon pertolongan, DIBANDING dengan berdoa mohon kehadiran-NYA di samping kita sama seperti zaman 2.000 tahun yang lalu ?
Kalau ada DIA di samping kita, pasti akan jadi baik semua keadaan kita khan? Baik kesehatan, sikap hidup, keamanan, pengertian/hikmat & kebutuhan kita ?? Benar tidak ?
Itulah yang dimaksud oleh Yesus/Isa dengan mengajarkan kita untuk terus minta, cari & ketuk pintu hati ALLAH agar mau memberi Rohulkudus kepada kita sebagai pengganti kehadirannya Yesus/Isa di samping kita.

Jadi kalau ditanya : siapa itu Rohulkudus ?  
Jawabnya adalah: Roh yang Suci yang dikirim oleh ALLAH SWT sebagai pengganti kehadirannya Yesus/Isa di samping kita.

Lalu bagaimana caranya bisa didampingi BELIAU ?  
 Jawabnya: berdoa dengan hati yang ikhlas kepada ALLAH dengan tiada berhenti-henti sampai menerima.

Apa tandanya kita sudah menerima Rohulkudus ?   
Jawabnya :  Rohulkudus akan berdiam di dalam hati kita yang  'sudah dibersihkan/diberkati oleh TUHAN'  yaitu kita dibuat-NYA bertobat dahulu dari segala kelakuan/sifat-2 kita yang hedonis/keduniawian.
Jadi tandanya adalah : kita akan diproses/dibersihkan dulu sifat-sifat kita.
Sebab sungguh tidak mungkin Roh dari ALLAH itu mau berbagi tempat dengan duduk bersama dengan Roh Jahat yang masih ada dalam hati kita.
Caranya membersihkannya ialah dengan :
Kisah Para Rasul 3:26 (BSD)   
Itu sebabnya Allah memilih Yesus sebagai Hamba-Nya dan menyuruh Dia datang kepada kalian terlebih dahulu untuk 'memberkati'  kalian. Cara Ia memberkati kalian ialah dengan  'membuat kalian berhenti melakukan hal-hal yang jahat'  dalam hidupmu.”

Sebelum Rohulkudus berdiam dalam hati kita, DIA sudah terlebih dahulu hadir di luar tubuh/hati kita untuk  MENGINGATKAN  kita akan DOSA.
Pada saat itu  'hati nurani kita mulai bekerja'  dengan menolak melakukan keinginan-keinginan kita yang bersumber dari perasaannya Iblis. Di situlah  DIA HADIR  dalam hidup kita. Meskipun saat itu BELIAU belum berdiam dalam hati kita karena masih kotor/najis, ada  Roh Jahat  yang memerintah hidup kita.  Alias hidup kita belum bersih benar. Mungkin masih ada perasaan sombong, iri, cabul, tamak, serakah, dan sebagainya.

Sekarang apa tugas Rohulkudus dalam hidup kita bila sudah dibersihkan dari Mesin Pembuat Dosa ?
Ingat, Yesus/Isa pada saat berbicara mengenai Rohulkudus kepada murid-murid-NYA itu setelah mereka 3,5 tahun dibersihkan dari sifat-sifat keduniawian mereka.

Inilah penjelasan Yesus/Isa kepada murid-muridNYA tentang peran Rohulkudus :

Yohanes 14:26 (TB)   
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan  'mengajarkan segala sesuatu'  kepadamu dan akan  'mengingatkan'  kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:8-9 (BIMK)   
Kalau Ia datang, Ia akan menyatakan kepada dunia  'arti sebenarnya'   dari dosa, dari apa yang benar, dan dari hukuman Allah.

Ia akan menyatakan bahwa  'tidak percaya kepada-Ku'  adalah dosa;

Yohanes 16:13 (BIMK)  
 Tetapi kalau Roh itu datang, yaitu Dia yang menyatakan kebenaran tentang Allah, kalian akan  'dibimbing-Nya'  untuk mengenal seluruh kebenaran. Ia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri tetapi mengatakan apa yang sudah didengar-Nya, dan Ia akan  'memberitahukan'  kepadamu apa  'yang akan terjadi'  di kemudian hari.

Lukas 12:12 (BIMK)  
Sebab apa yang kalian harus katakan itu akan  'diajarkan'  oleh Roh Allah kepadamu pada waktunya."

Jadi Rohulkudus ini sebagai pengganti kehadirannya Yesus/Isa untuk  MENDIDIK, MENGAJAR, MEMBIMBING & MEMBERITAHU  apa yang harus kita lakukan.

Bila MPD (Mesin Pembuat Dosa) itu sudah tidak ada lagi dalam hidup kita, barulah Rohulkudus itu berdiam dalam hati kita menggantikan posisinya Iblis/Roh Jahat yang selama ini memerintah hidup kita lewat perasaannya itu.

Jadi agar hati/tubuh kita menjadi Bait/Rumah dari Rohulkudus, maka syarat utamanya adalah :  'kita harus mau diproses/dibersihkan' oleh TUHAN terlebih dahulu sampai roh-roh jahat itu hengkang dalam hidup kita (hati kita DIKOSONGKAN terlebih dahulu dari perasaannya Iblis/roh-roh jahat).

Setelah itu baru Rohulkudus masuk & berdiam dalam hati kita.
Perasaan kita ganti dikendalikan oleh perasaan Rohulkudus seperti : penuh kasih-sayang, suka memberi/menolong, sabar, setia, riang-gembira, lemah-lembut, rendah-hati, penuh penguasaan-diri, dan sebagainya.
Otomatis semua KEINGINAN kita menjadi baik/indah.
Apalagi PERBUATAN kita ! Pasti ditunggu-tunggu oleh orang banyak.

Itulah MANFAAT KEHADIRAN ROHULKUDUS DALAM HIDUP KITA & DALAM MASYARAKAT.

Kehadiran kita sangat diharapkan oleh orang banyak.

Sebab ada Kristus di dalam hidup kita untuk menolong mereka yang didalam kelemahan, sakit-penyakit dan kesusahan hidup.

Rohulkudus itu akan memampukan kita berkata-kata & melakukan aneka pertolongan kepada orang lain, seperti yang dilakukan oleh Yesus/Isa pada zaman itu.
Tapi sikap hidup kita sendiri itu juga berubah menjadi rendah-hati sehingga kalo kita menolong orang lain justru sembunyi-sembunyi, maksudnya tidak perlu dipublikasikan untuk pamer.
Juga kalau kita menolong mereka yang sakit, bila Rohulkudus itu menjamah & langsung sembuhpun tidak akan didemontrasikan seperti hamba-2 TUHAN yang belum mengenal hatinya Yesus/Isa. Yaitu mereka yang pamer-kebolehan dengan mempertontonkan karunia-karunia mujizat di atas mimbar bahkan panggung besar.

Untuk itu telah tersedia Firman :

Matius 7:22-23 (TB)   
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Matius 24:24 (TB)  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

Bagi kita sekarang yang penting adalah jangan sampai  MENGHUJAT/MENENTANG ROHULKUDUS/ROH SUCI YANG BERASAL DARI ALLAH.

Sebab hukumannya adalah dimasukkan ke dalam Neraka.

Matius 12:32 (BSD)   
Apabila orang mengatakan sesuatu yang menentang Anak Manusia yang diutus oleh Allah, Allah dapat mengampuni mereka. Tetapi, siapa saja yang mengatakan sesuatu yang menentang Roh Allah, Allah tidak akan mengampuni dia, baik sekarang di dunia ini atau di akhirat sesudah kiamat!”

Tentang karunia-karunia yang diberikan oleh  Rohulkudus, janganlah kita menghakimi bahwa itu sesat. Bila seseorang melakukannya tapi dalam kepalsuan/kemunafikan hidup, biarlah dia sendiri yang menanggung hukumannya.
Bila itu sahabatmu, engkau harus ingatkan agar bertobat. Karena untuk itulah engkau diselamatkan.

Yang terpenting, peran Rohulkudus itu adalah sebagai pengganti kehadirannya Yesus/Isa dalam mendampingi kita hidup di dunia ini. Karena Yesus/Isa sudah naik ke Surga. Tapi BELIAU tidak meninggalkan kita sebatang-kara. Makanya dimintakannya kepada ALLAH SWT untuk memberikan Rohulkudus bagi mereka yang hatinya sungguh-sungguh bertobat dengan ikhlas.

PERHATIKAN :
Mereka yang hatinya sudah jadi Bait/Rumah Rohulkudus maka hidupnya berubah menjadi  SUKA MENGASIHI SESAMANYA.
Tidak egois. Tidak sombong. Tidak memegahkan dirinya sendiri.
Ia sabar dan baik hati. Ia tidak iri hati, tidak membual, tetapi sopan serta memiliki EMPATI memikirkan org lain dulu baru kepentingannya sendiri. Ia tidak cepat tersinggung dan tidak suka mendendam.
Orang yang mengasihi orang lain, akan sedih jika melihat orang lain berbuat salah. Namun ia akan bahagia jika melihat sesamanya berbuat kebajikan.
Dan bila Rohulkudus memerintah perasaan kita, maka semua keinginan & perbuatan kita pasti ada dalam pimpinan & bimbingan-NYA.

Marilah kita yang letih lesu & berbeban berat untuk bertobat terlebih dahulu kepada ALLAH SWT, kemudian baru mintalah Rohulkudus untuk menggantikan perasaannya Iblis dalam hidup kita. Maka  'semua masalah kita'  akan diselesaikan-NYA dengan membimbing kita melakukan sesuai kehendak ALLAH SWT. Amin.

 (Penulis: Pdt. Israel Yacob Hadi Winarto)



Lihat Juga:

Blog, Updated at: 3:43:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Related Posts

TERPOPULER

KATEGORI

Powered by Blogger.