Janganlah kamu mabuk oleh anggur

Posted by Firman-Mu Pelita Bagi Kakiku dan Terang Bagi Jalanku on Wednesday, June 29, 2016


Ilustrasi
"Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur (minuman beralkohol/minuman keras), karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh” (Efesus 5:18). 


Banyak orang yang membaca ayat ini dan menafsirkannya bahwa Paulus melarang minum anggur. Namun demikian, konteks dari bagian Alkitab ini adalah kehidupan dan pergumulan orang percaya yang dipenuhi Roh Kudus. Karena itu di sini ada sesuatu yang lebih dari sekedar peringatan soal minum anggur terlalu banyak.


Ketika seseorang mabuk karena terlalu banyak anggur, mereka menunjukkan
karakteristik tertentu: mereka sempoyongan, cara bicara mereka tidak jelas, dan kemampuan penilaian mereka terganggu. Di sini rasul Paulus membuat perbandingan. Sama seperti ada ciri-ciri yang memampukan kita melihat bahwa
seseorang itu dikuasai oleh terlalu banyak anggur, seharusnya ada karakteristik tertentu yang memampukan kita untuk melihat seseorang yang dikuasai oleh Roh Kudus. 

Kita membaca dalam Galatia 5:22-24 mengenai “buah” Roh. Ini adalah buah kepunyaan Roh Kudus dan dinyatakan oleh orang percaya yang sudah lahir kembali yang hidup di bahwa penguasaan Roh Kudus. 


Bentuk kalimat dalam Efesus 5:18 mengindikasikan proses terus menerus dipenuhi oleh Roh Kudus. Karena nasihat ini adalah untuk “terus menerus dipenuhi,” maka berarti ada kemungkinan untuk tidak “dipenuhi” atau dikuasai oleh Roh Kudus. Bagian selebihnya dari Efesus 5 memberitahu kita karakteristik dari orang percaya yang dipenuhi Roh Kudus. “dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus” (Efesus 5:19-21).


Karena itu orang percaya yang lahir kembali tidak seharusnya dikontrol oleh

hal-hal yang lain selain oleh Roh Kudus.



Lihat Juga:

Blog, Updated at: 11:26:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Related Posts

TERPOPULER

KATEGORI

Powered by Blogger.